Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Musim Pancaroba

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Musim Pancaroba - Cuaca sering berubah, membuat Anda dan keluarga lebih rentan terhadap penyakit. Perubahan cuaca semakin tak terduga. Pada saat-saat seperti ini Anda harus secara aktif mencari cara untuk mempertahankan tubuh dan keluarga yang sehat agar tidak jatuh sakit di musim yang semakin tidak dapat diprediksi seperti sekarang ini. Inilah cara Anda dapat menjaga kesehatan tubuh Anda di musim transisi saat ini.

Rajin Mencuci Tangan

Ajak keluarga, terutama anak-anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah selesai bermain dan banyak lagi. Kesehatan ibu dan anak juga sama pentingnya. Anda harus mengajak anak Anda belajar menghindari penyakit dengan rajin mencuci tangan. Setelah itu keringkan tangan dengan handuk kering, karena kuman dan bakteri masih bisa menempel di tangan yang basah.

Banyak Konsumsi Air Putih

Sudahkah Anda dan keluarga cukup minum air hari ini? Penuhi kebutuhan sehari-hari 8 gelas air sehari atau setara dengan 2 liter air. Air yang cukup membuat tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Air berfungsi untuk memperlancar pencernaan Anda. Undanglah keluarga untuk mengonsumsi banyak air selama cuaca yang tidak menentu ini. Air dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dan mencegah tubuh dari infeksi. Biasakan membawa gelas untuk menyimpan air dan membawanya kemana pun Anda pergi. Selain ramah lingkungan, kebutuhan air harian terpenuhi!

Rutin Olahraga

Undang keluarga Anda untuk berolahraga secara teratur, meskipun hanya 30 menit setiap hari. Anda tidak perlu berolahraga keras untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Yang penting Anda cukup bergerak setiap hari agar tubuh tidak kaku dan mudah lelah. Lakukan kebiasaan ini setidaknya tiga kali seminggu. Anda bisa memulai kebiasaan baik ini dengan melakukan peregangan di pagi hari, atau di sore hari bersama anak Anda. Padahal, bagi ibu rumah tangga, melakukan pekerjaan rumah dianggap sebagai olahraga, karena membakar kalori. Bisikan, ayo!

Makan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Tubuh yang sehat dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan sehat. Banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, diperoleh dari makanan. Anda tentu tahu 4 sehat 5 sempurna, kan? Sebagai ibu yang cerdas, tentu Anda tahu bahwa salah satu cara menjaga tubuh yang sehat adalah memastikan makanan yang dimakan keluarga Anda adalah makanan terbaik dan terhindar dari penyakit. Nasi, sayuran, lauk pauk, buah dan susu adalah formula standar dari 4 sehat sempurna. Kelima makanan ini merupakan sumber karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan susu yang saling melengkapi yang membantu tubuh tetap kuat dan energik.

Luangkan waktu untuk memasak setiap hari dan pastikan langsung bahwa asupan makanan keluarga Anda adalah yang terbaik. Hindari makanan yang terlalu banyak diproses, seperti makanan kemasan instan. Tahukah Anda bahwa semakin banyak proses yang dilalui bahan makanan, semakin banyak zat tambahan ditambahkan? Jika tidak dipantau dengan baik, tubuh akan mudah terserang penyakit, terutama pencernaan. Apalagi di musim pancaroba seperti ini, tentu saja membutuhkan kekebalan tinggi dari tubuh.