Kiat Si Kecil Tetap Enerjik dan Sehat di Musim Hujan

Kiat Si Kecil Tetap Enerjik dan Sehat di Musim Hujan - Musim hujan telah tiba! Perbedaan suhu udara dan kelembaban udara selama musim hujan yang tidak menentu dapat membawa berbagai masalah kesehatan, terutama bagi si kecil yang daya tahan tubuhnya tidak sekuat orang dewasa. Sebagai orang tua yang siaga, Ibu tentu perlu tahu tips untuk menjaga anak-anak tetap sehat selama musim hujan ini. Untuk alasan ini, berikut adalah tips yang dapat Anda ikuti untuk menjaga bayi tetap sehat dan aktif bahkan setelah musim hujan tiba!

1. Atur Pola Makan


Untuk memastikan daya tahan tubuh bayi tetap terjaga, cukup makan saja tidak cukup. Selain makan tiga hari dengan porsi cukup, pastikan juga apa yang dimakan anak Anda mampu memenuhi nutrisi dan nutrisi yang dibutuhkan. Selama musim hujan, berikan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Untuk makan menjadi empat sehat lima sempurna, jangan lupa untuk selalu menyiapkan susu untuk nutrisi anak sebagai suplemen.

2. Beri Anak Aktivitas Olahraga yang Menyenangkan

Meskipun hujan, jangan biarkan bayi lebih malas di dalam rumah. Buatlah kegiatan olahraga yang menyenangkan di rumah agar anak Anda tetap bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

3. Pastikan untuk Mengistirahatkan Cukup dan Kualitas Si Kecil

Tahukah Anda bahwa kurang tidur dapat berdampak pada peningkatan hormon stres yang dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk meningkatkan daya tahan dan kebugaran anak di musim hujan, pastikan anak Anda mendapat istirahat yang cukup yaitu sekitar 8 jam per hari. Jika anak Anda termasuk anak-anak yang aktif di malam hari, Anda dapat mendorong anak Anda untuk tidur siang untuk menggantikan istirahat malam yang berkurang.
Untuk memastikan kualitas istirahat bayi Anda, pastikan Anda juga membersihkan kamar dan tempat tidur secara teratur. Gunakan deterjen anti-bakteri dan pilih bantal yang bagus untuk postur Anda. Dengan begitu, bukan hanya kuantitas, tetapi kualitas tidur anak-anak terjamin.

4. Berikan Si Kecil dengan Vitamin dan Suplemen Suplemen

Setelah memberi anak Anda makanan sehat bergizi, agar siap menghadapi perubahan cuaca ekstrem selama musim hujan, Anda juga dapat memberikan suplemen tambahan dalam bentuk vitamin anak-anak. Jika anak Anda kesulitan makan, Anda bisa memberikan suplemen penambah nafsu makan.

5. Musim hujan? Saatnya membersihkan rumah

Tentu saja Ibu setuju jika kebersihan adalah dasar dari kesehatan. Ketika musim hujan tiba, Bunda harus mulai memperhatikan lingkungan rumah, terutama bagian rumah yang mungkin menjadi sarang nyamuk perkembangbiakan. Pangkas semak yang tumbuh terlalu tinggi dan selalu bersihkan tempat sampah dan penyimpanan air secara teratur.